Lebaran 2024

Lebaran 2024

Selamat hari raya idul fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin.

Setelah berpuasa selama sebulan penuh kemarin di bulan Ramadhan. Sekarang kita merayakan hari kemenangan. Selama dua hari lebaran kemarin, keluarga gue mengunjungi empat rumah saudara. Hasilnya adalah hari ini gue capek, pilek, dan masuk angin. Hebatnya emak gue hari ini masih pergi juga ke tempat saudara yang lain.

Hari Pertama

Pagi harinya kami sekeluarga sholat ied di masjid Al-Hikmah Basecamp. Kami sekeluarga dari dulu emang sering sholat di masjid ini .Jaraknya gak terlalu jauh dari rumah, tapi kami harus naik motor karena kalo jalan kaki mungkin bisa setengah jam nyampenya.

Abis sholat kami pergi ke makam buat ziarah ke kuburan Bapak yang meninggal tahun lalu. Pas nyampe ternyata udah rame banyak orang.

Awalnya kami agak lupa di mana letak kuburannya dan agak bingung nyarinya. Mungkin kalo sampe siang kami muter-muter nyari kuburannya gak ketemu juga, kami bakalan doain semua kuburannya satu-satu. Pasti kan minimal ada satu yang benar.

Abis ziarah makan, kami lanjut naik motor ke rumah saudara di Kotabumi, Tangerang. Saudara yang ini adalah kakaknya emak gue, jadi gue manggilnya Bude.

Di sana kami ketemu Bude dan Pakde. Ada juga anak-anaknya termasuk yang bulan lalu baru nikah di Purwokerto. Abis itu seperti biasa disuruh makan. Gue memutuskan untuk makan ketupat pake rendang sama kuah opor aja.

Sorenya sekitar mendekati Ashar, kami pamit pulang dan lanjut pergi ke tempat saudara yang lain di daerah Ciledug, Tangerang. Kalo yang ini adalah kakaknya Almarhum Bapak gue, jadi jatohnya juga Pakde sama Bude.

Kami nyampe sana pas banget adzan Ashar. Trus ketemu sama Bude dan anak-anaknya yang udah pada nikah semua sama cucu-cucunya. Jadi mereka ini jatohnya apa ya? Keponakan kah? Sepupu? Atau ada sebutan yang lain.

Kemudian kami disuruh makan lagi dan gue makan rendang lagi. Semoga abis makan-makan ini gue gak kena kolesterol atau serangan jantung.

Kami pulang sekitar abis Maghrib. Karena gue gak tau jalan pulang, gue naik motor sambil ngikutin motor kakak gue di depan.

Naik motor di malam hari dan punya mata rabun jauh + harus ngikutin motor di depan adalah kombinasi yang buruk. Selama naik motor di jalan gue takut aja tiba-tiba nabrak orang lagi nyebrang gara-gara gak kelihatan dari jauh.

Sampe rumah badan gue capek, pantat sama tangan gue sakit. Ya udahlah langsung tidur aja.

Hari Kedua

Hari kedua ini niatnya mau naik motor lagi ke Bekasi. Tapi karena pantat sama tangan gue masih sakit, kami memutuskan buat naik KRL aja.

Kali ini kami pergi ke rumah saudara di daerah Pondok Kopi, Jakarta Timur. Saudara yang ini adalah adiknya emak gue, jadi gue manggilnya Tante. Kami juga sekalian jenguk anaknya Tante gue yang kemarin abis kena DBD.

Kami turun di stasiun Klender Baru trus dijemput naik motor sama Om gue. Di sana kami ketemu Om sama Tante gue dan anak-anaknya.

Nah kali ini kami gak disuruh makan karena Tante gue gak masak. Jadinya Kakak gue keluar beli bakso, jadilah kami semua makan bakso dan gak makan rendang lagi kayak kemarin.

Beberapa jam setelah makan, perut gue mules. WC di bawah lagi dipake emak gue, ternyata lagi berak juga. Akhirnya gue disuruh pake WC yang di atas.

Tanpa rasa curiga gue langsung aja berak di toilet jongkoknya. Pas udah selesai gue siram… trus tainya gak turun dong. Malah airnya meluap menuhin toilet jongkoknya.

Gue tungguin airnya turun dikit-dikit sampe gak penuh lagi. Trus gue coba siram lagi lobang toiletnya pake air dari ember langsung biar banyak. Niatnya sih semoga aja tainya langsung masuk ke lobang. Eh malah toiletnya meluap lagi, malah tainya ikutan naik juga lagi. Untung aja gak sampe tumpah keluar tainya.

Akhirnya gue memutuskan untuk keluar dan ngasih tau ke Tante gue. Ternyata emang kadang WC nya suka mampet. Jadi abis itu Om gue langsung nyoba bikin toiletnya gak mampet sekalian bersihin tai gue. Ini pengalaman pertama gue lihat orang lain nyoba bersihin tai gue sendiri.

Ada kali hampir satu jam Om gue bolak-balik nyoba bersihin toilet mampetnya. Hasil akhirnya? Kayaknya berhasil.

Sekitar jam 4 sore, Tante gue yang Kota datang sama anak-anaknya. Mereka niatnya mau nginep tapi ternyata lupa matiin air di rumah mereka. Akhirnya anak-anak mereka doang yang nginep.

Sambil mereka jalan pulang naik mobil, kami sekalian minta dianterin ke rumah saudara di daerah Bekasi. Saudara yang ini adalah Om-nya emak gue. Jadi dia itu adeknya nenek gue dan gue manggilnya Mbah.

Ini ternyata perjalanannya lumayan jauh. Ada mungkin sekitar satu jam perjalanan. Udah gitu macet banget lagi pas udah masuk Bekasinya. Emang beneran beda planet.

Di tengah perjalanan pas lagi macet, kami ngelihat ada dua orang dorong motor. Yang satu naik motornya dan yang satunya lagi dorong motornya dari belakang.

Kami bingung motornya kenapa. Apakah bensinnya habis, motornya mogok, atau bannya kempes. Gue saranin aja buka kaca mobil pas ngelewatin mereka terus tanya kenapa. Tapi gak jadi karena kami takut digebuk sama orangnya.

Sampe sana kami ketemu sama Mbah. Seperti biasa ditawarin makan dan gue makan rendang lagi.

Sebelum Maghrib, Tante gue yang tadi nganterin pake mobil pamit mau pulang duluan. Kami pulangnya nanti naik KRL aja.

Kami pulang sekitar abis Isya dan dianterin ke stasiun Bekasi sama Mbah gue naik mobil. Nyampe rumah sekitar hampir jam 10 malam.

Gue udah capek banget dan bersin-bersin terus. Kayaknya pilek atau masuk angin gara-gara di rumah Tante gue tadi kena kipas angin terus.

Ya udah lah langsung tidur aja.

Hari Ini

Hari ini gue bangun-bangun pilek sama masuk angin. Capek pula. Semoga aja gak sakit beneran.