Hampir Mati

Hampir Mati

Jadi ceritanya semalam gue hampir mati. Bukan ceritanya lagi, emang beneran kejadian. Gue kesetrum, hampir jatoh dari ketinggian, dan selamat.

Kronologi Kejadian

Jadi semalam, sekitar mendekati tengah malam, gue lagi di voice channel discord bareng teman gue lagi nontonin video tutorial cara goreng ayam. Trus tiba-tiba emak gue manggil, katanya paralon yang nyambungin dari pompa bawah ke toren air atas copot. Kedengeran suara air ngucur dari belakang.

Dua hari yang lalu kejadian yang sama juga terjadi. Solusi sementara waktu itu adalah paralon yang copot dipasang lagi. Tapi paralonnya belum dilem sama sekali, jadi kali ini copot lagi.

Toren air ini dipake buat rumah gue sama kontrakan. Jadi emang harus malam ini banget paralonnya langsung dipasang lagi. Kalo enggak ya nanti airnya habis.

Posisi toren airnya ini ada di lantai atas kontrakan emak gue di belakang rumah. Tempat torennya juga kayak menara gitu, ditaro di atas. Torennya ini juga dipasang pelampung buat otomatis matiin pompa kalo torennya udah penuh. Di bawah torennya itu langsung tangga yang ditutupin atap dari plastik. Jadi kalo jatoh dari situ trus atapnya nyeblos, posisinya langsung ke tangga bawah.

Pas udah di atas, ternyata benar paralonnya copot lagi.

Karena dua hari yang lalu gue pasang lagi paralonnya dan berhasil, kali ini gue melakukan hal yang sama.

Bedanya adalah sekarang gue manjat menaranya gak pake sendal. Karena sendal yang gue pake sekarang itu sendal jepit yang licin, takut kepeleset pas manjat. Sendal yang biasa gue pake baru aja gue cuci dan belum kering.

Posisi kejadian
Ilustrasi posisi gue (hitam) dan emak gue (merah) saat kejadian. Foto di lokasi asli saat siang hari.

Gue manjat sambil emak gue nyalain senter karena gelap. Gue berhasil masang paralonnya lagi. Abis itu emak gue suruh ngecek di torennya ada air apa enggak. Gue buka torennya dan karena gelap gue masukin aja tangan gue buat ngerasain ada airnya apa enggak. Gue bilang ada ke emak gue.

Sambungan yang copot
Posisi sambungan paralon yang copot (merah). Perhatikan juga kabel buat pelampung otomatis yang ditunjuk panah biru.

Trus pas gue mau turun dari towernya. Gue sentuh lagi tuh torennya, tiba-tiba gue berasa kayak ‘ZZZZZZZ’ gitu.

GUE KESETRUM!!!!!

Gue ngerasa kayak ada getaran gitu di badan gue. Rasanya kayak hape yang lagi vibrate mode di atas meja bergetar kenceng banget sampe getarannya bunyi. Mungkin kalo tegangan listriknya lebih kenceng lagi, bisa aja badan gue rasanya bergetar kayak lagi di kursi pijat.

Ada mungkin dua kali gue ngerasa badan gue kesetrum.

Pandangan gue gelap.

Gue harus lepas ini toren biar gak kesetrum lagi.

Pada saat itu gue mikir, ini kalo gue jatohnya ke arah tangga, ada kemungkinan atapnya jebol trus gue nyeblos langsung jatoh ke bawah. Hmm, lebih sakit mati kesetrum apa mati jatoh dari ketinggian. (atau mungkin lebih sakit mati karena jatuh cinta?)

Dalam sepersekian detik, gue berusaha jatohin badan gue ke arah lantai, itu aja yang ada dipikiran gue saat itu.

Oke, gue berhasil jatoh dan kayaknya sempat pingsan sebentar. Pas sadar gue udah dipegang emak gue di lantai.

Kayaknya gue berhasil ditarik emak gue biar gak langsung jatoh ke bawah.

Posisi mendarat
Posisi gue kesetrum megangin toren (biru) dan posisi gue mendarat jatuh (merah).

Gue denger emak gue teriak coba komunikasi ke gue.

Gue berhasil ngomong sesuatu ke emak gue pas setengah sadar, tapi gue lupa ngomong apaan. Gue berharap aja gak random ngomong jorok ke emak gue.

Emak gue teriak manggil kakak gue suruh ngambil air minum.

Badan gue lemas, rasanya sakit. Terutama bagian pantat gue, kayaknya gue jatoh pantat duluan, soalnya bagian tulang ekornya berasa sakit.

Kakak gue naik bawa minum. Gue disuruh minum.

Trus emak gue nanya lagi kepalanya sakit apa enggak. Gue jawab enggak. Kayaknya gue beruntung kepala gue gak kebentur, kalo enggak kemungkinan gue gak akan sadar waktu itu.

Setelah agak tenang dan gue udah sepenuhnya sadar, gue nyoba berdiri dan jalan turun tangga buat balik ke rumah sambil dituntun kakak gue.

Video yang menunjukkan posisi tangga di bawah toren

Setelah Kesetrum

Pas masuk rumah, gue langsung disuruh ganti baju. Abis itu gue dicek ada luka luar apa enggak.

Betis kanan sama pergelangan tangan kiri gue lecet. Pantat gue rasanya sakit karena jatoh dan bahu kiri gue juga sakit. Untung aja bahu gue gak dislokasi.

Emak gue dengkul kirinya berdarah. Katanya gara-gara nangkep gue jatoh.

Luka-luka kami dibersihin dan diobatin sama kakak gue. Abis itu gue dikasih obat sama kakak gue. Gatau obat apa, disuruh minum aja.

Gue dikasih hot cream buat dioles ke bagian badan gue yang sakit. Pertama bahu gue trus abis itu pantat gue, terutama bagian tulang ekornya berasa sakit banget. Mungkin karena gue gak sengaja ngoles hot cream-nya ke lobang pantat gue. Lobang pantat gue berasa panas juga abis dioles.

Abis itu gue masuk kamar dan cek laptop bentar, ternyata discord gue masih di dalam voice channel nontonin temen gue share screen. Gue langsung matiin trus nyoba tidur.

Gue gak bisa tidur sampe sahur. Mungkin karena gue masih shock abis kesetrum atau karena obat yang dikasih kakak gue, atau mungkin karena beberapa jam sebelumnya gue minum TEBS abis tarawih. Kayaknya kombinasi antara TEBS sama kesetrum bikin gue jadi double shocking.

Sambil rebahan, gue mikirin apa yang barusan terjadi.

Gue kesetrum, jatoh, dan selamat.

Kalo di film-film gini biasanya kalo abis kesetrum, gue bakal dapet kekuatan super. Gue coba-coba pose tangan gue kayak Spiderman, siapa tau bisa ngeluarin jaring.

Apa hubungannya abis kesetrum trus jadi Spiderman?

Gak ada.

Tapi keren aja gitu kalo misalnya gue bisa jadi Spiderman.

Bukannya dapet kekuatan super, kayaknya gue jadi makin bego abis kesetrum.

Sambil main hape nungguin sahur, gue nemu laporan tentang backdoor di xz tarball dan baca-bacain diskusinya di hackernews.

Jam 4 pagi gue bangun dari kasur, bangunin yang lain buat sahur, trus abis itu makan sahur.

Pantat gue rasanya masih gak enak buat dipake duduk. Gue coba jongkok juga ternyata lebih sakit. Mungkin kalo gue berak pas ngeden juga bakal berasa sakit. Kayaknya gue harus nahan berak sampe pantat gue sembuh.

Abis sholat subuh, gue udah berasa ngantuk. Kayaknya efek TEBS nya udah mulai hilang. Tanpa sadar akhirnya gue tidur.

Penutup

Gue bangun lagi pagi sekitar jam 7 pagi. Mulai berasa bengkaknya bahu sama pantat gue. Pantat gue rasanya sakit kayak abis ditusbol.

Emangnya gue pernah ditusbol?

Gak pernah.

Gue cuma ngebayangin aja mungkin sakitnya kayak gini. Apa mungkin ini efek samping gue gak sengaja ngolesin hot cream ke lobang pantat. Hmm…

Tapi satu hal yang gue syukuri pas bangun di pagi hari ini.

Gue masih hidup.

Mungkin aja gue bisa mati kemarin malam. Eh, tapi katanya kalo mati hari jumat itu mati yang baik. Eh, tapi kayaknya kejadiannya udah lewat tengah malam deh jadinya udah hari sabtu.

Untung aja gue gak mati. Soalnya gue masih pengen nonton lanjutan adaptasi monogatari series tahun ini.


Apakah gue masih mau manjat tower toren lagi?

Kayaknya enggak.

Apakah gue jadi takut kesetrum?

Kemungkinan iya.

Hikmah apa yang bisa diambil dari kejadian ini?

Jangan ngolesin hot cream ke lobang pantat.

Oke sekian.

Bye!!!!

PS: Emak gue udah manggil tukang buat benerin paralonnya hari ini. Semoga aja tukangnya gak kesetrum kayak gue.